Cara Daftar haji Umroh ~ Sebagai umat Islam Mekah adalah tujuan yang paling mulia dan bisa jadi yang paling diidam-idamkan oleh setiap muslim. Bahkan ada banyak sekali kisah yang sangat inspiratif bagi mereka yang bertekad kuat untuk bisa menjalankan ibadah Haji ataupun Umrah.

Kedua perjalanan ini memang sama-sama memiliki tujuan ke Mekah namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan nilai ibadah yang sangat jauh. Karena untuk melakukan ibadah haji hukumnya adalah wajib, khusus bagi mereka yang mampu secara materi, fisik dan juga kesiapan rohani. Pahala dan kemuliaan mereka yang sudah bisa melakukan ibadah haji dengan sempurna sangatlah tinggi di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sementara itu untuk Umrah adalah ibadah yang hukumnya sunah muakad yang itu artinya adalah sunah yang sangat dianjurkan khususnya juga untuk mereka yang benar-benar mampu melakukan ibadah umrah tersebut.

Alur pendaftaran haji

Di Indonesia sendiri, untuk bisa melaksanakan ibadah Haji memang membutuhkan perjuangan yang tidak biasa, karena masih harus melalui waktu tunggu yang sangat panjang bahkan ada yang mencapai 20 tahun hingga 30 tahun, dari situlah kebanyakan umat Islam yang mampu dan benar-benar ingin ke Mekah lebih memilih untuk melakukan Umrah terlebih dahulu sembari menunggu datangnya jatah keberangkatan untuk Haji.

Berikut ini adalah tata cara daftar umrah dan haji sesuai dengan prosedur yang diumumkan oleh Kementrian Agama.

– Melakukan penyetoran dana pada bank untuk tabungan haji minimal 25 juta, bank yang bisa anda pilih diantaranya adalah BRI, BNI 46, BRI Syariah, Mandiri, Muamalat, BNI Syariah.

– Melakukan pendaftaran atau mengajukan permohonan pada kementrian Agama yang ada di Kabupaten ataupun kota.

– Memenuhi syarat-syarat yang diantara lain adalah : beragama Islam, usia minimal 12 tahun, KTP yang masih berlaku dan sesuai dengan tempat domisili dan Kementrian Agama Kabupaten tempat anda mendaftar, kartu keluarga, akta kelahiran dan memiliki tabungan di BPS-BPIH.

Sementara itu untuk anda yang ingin melakukan umrah, tata caranya tidak terlalu jauh berbeda namun dari segi biaya memang lebih ringan. Persyaratan yang harus anda penuhi saat ingin melakukan perjalanan umrah adalah sebagai berikut.

– Harus sudah memiliki passport dan 1 bulan sebelum keberangkatan.

– Menyerahkan DP Umrah rata-rata untuk biro perjalanan umrah mewajibkan untuk menyerahkan sejumlah uang $1000.

– Akta nikah bagi anda yang ingin melakukan perjalanan umrah berpasangan.

– Penting dan diwajibkan untuk melakukan persiapan ketahanan kesehatan dengan melakukan suntik meningitis dan hal ini semata-mata untuk kebaikan setiap calon jamaah umrah..

Masing-masing biro jasa perjalanan umrah akan menerapkan peraturan yang sedikit berbeda, namun ada baiknya jika anda memilih biro perjalanan umrah yang benar-benar kompeten agar tidak menjadi korban penipuan. Tersebut di atas adalah tips untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran perjalanan mulia yaitu haji dan umrah, semoga bermanfaat.

Cara Dan Persyaratan Mudah Untuk Daftar Haji Umroh Di Depag