Kini hampir semua perusahaan sudah memiliki standardisasi dari ISO, hal ini dikarenakan oleh tingkat kesadaran dari para pelaku usaha yang menilai pasar domestik sudah terlalu penuh sesak oleh sekian ratus juta pelaku usaha yang ada. Penting sekali sebuah perusahaan untuk mengembangkan usahanya hingga ke pasar internasional. Salah satu syarat agar sebuah produk bisa diterima oleh masyarakat internasional adalah dengan memiliki sertifikasi dari ISO, lalu bagaimanakah cara memperolehnya?

• Sosialisasi pada semua pihak yang terkait, khususnya untuk karyawan. Sosialisasi ini juga berkaitan dengan pengertian pentingnya sertifikasi ISO dan penambahan motivasi untuk dapat diterapkan dengan senang hati oleh semua pihak terkait.

• Penyusunan panitia yang akan bertugas sebagai pengatur tata tertib dalam hal perwujudan pencapaian standardisasi ISO.

• Spesifikasi bagian-bagian yang akan dinilai untuk mendapatkan sertifikasi ISO.

• Melakukan bimbingan untuk sektor internal maupun eksternal. Yang dimaksud dengan bimbingan eksternal ini adalah sebuah bimbingan yang dilakukan oleh pihak di luar perusahaan yang mana sudah memiliki kompetensi terpercaya berkaitan dengan proses standardisasi ISO. Berbekal pengalaman yang mereka miliki, diharapkan semua pihak yang berkaitan dengan proses produksi akan semakin mudah untuk menerapkan standardisasi ISO. Sedangkan untuk bimbingan internal berperan pada saat proses pelaksanaan.

  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan, mulai dari SOP, Prosedur Wajib, Pedoman Mutu dan juga Flowcart.
  • Melakukan audit baik untuk internal maupun eksternal.
  • Melakukan peninjauan kembali.

Meskipun jenis-jenis ISO memiliki perbedaan satu sama lainnya yang disesuaikan dengan bidang usaha sebuah perusahaan, namun kurang lebih prosedur untuk mendapatkan sertifikasi dari ISO adalah sesuai dengan point-point di atas.

Standarisasi ISO

Memang cukup rumit dan membutuhkan kedisiplinan yang maksimal dari semua pihak, terutama bagi karyawan. Untuk itu, langkah motivasi bagi para karyawan juga tidak boleh dilupakan, apalagi sertifikasi ISO ini tidak berlaku seumur hidup namun harus selalu dikontrol sebanyak 2 kali dalam setahun. Oleh karenanya diperlukan kedisiplinan yang terus menerus. Semoga informasi terkait dengan cara memperoleh standardisasi dan jasa konsultan ISO ini dapat bermanfaat untuk anda.

Inilah Prosedur Cara Memperoleh Standarisasi ISO Yang Benar