Contoh Bisnis Model Canvas – Bisnis Model Canvas atau biasa disebut juga dengan BMC kini semakin banyak diminati dan terus dipelajari dikalangan akademisi. Dengan melakukan tahapan tersebut suatu bisnis akan lebih terarah dan terorganisir sehingga tidak sekedar asal-asalan. BMC akan membantu seorang pengusaha untuk bisa bertahan di masa-masa yang sulit termasuk juga ketika para pesaing sudah mulai banyak yang bermunculan.

Contoh Bisnis Model Canvas

Bagi anda yang saat ini tengah membangun atau masih dalam tahap berencana menjalankan suatu bisnis ada baiknya untuk mengetahui beberapa manfaat dari Bisnis Model Canvas.

– BMC dapat membantu calon pengusaha untuk bisa menentukan sasaran atau target pasar, dan tentu saja untuk tetap bisa mempertahankan customer agar nantinya meskipun ada banyak sekali pesaing customer tersebut tetap menjadi pelanggan setia anda, tentu saja ini cukup sulit mengingat saat ini sudah begitu banyak pengusaha baru yang bermunculan dengan beragam inovasi, disinilah peran BMC untuk bisa tetap membuat anda berjaya meskipun banyak pesaing.

– Penjualan bisa lebih meningkat, karena BMC akan membuat anda merumuskan strategi marketing yang paling jitu disesuaikan dengan jenis barang yang anda jual termasuk juga segmen pasar, dengan marketing yang tepat dan berkelanjutan maka tidak sulit untuk membuat anda bisa melakukan penjualan yang terus meningkat.

– Selalu memiliki rencana untuk berinovasi agar nantinya tidak kalah dalam persaingan usaha, langkah ini sangat penting mengingat pangsa pasar yang terus dinamis dan sebagai pengusaha harus selalu memiliki inovasi yang paling baru untuk terlihat lebih unik dan menarik dibandingkan pelaku usaha lainnya. Pesaing tidak semata-mata sebagai ancaman terhadap bisnis anda tetapi juga merupakan penyemangat untuk anda bisa terus berkreasi.

– Merumuskan strategi yang tepat akan membuat usaha anda berkembang dari waktu ke waktu, meskipun mungkin hal tersebut terasa sedikit ribet tetapi nampaknya membuat bisnis yang terencana harus dilakukan untuk membuat usaha anda terus berjalan dan menghasilkan.

Format Pengisian Bisnis Model Canvas

Ada beberapa tahapan yang perlu di lalui dalam hal membuat BMC diantaranya :

– Menentukan segmen pasar atau Customer Segment
Point ini sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada jenis barang yang akan anda pasarkan termasuk juga kualitasnya, sebagai gambaran sederhana untuk pasar menengah ke bawah akan lebih mengutamakan kuantitas, namun untuk kalangan menengah ke atas akan lebih mengutamakan kualitas, dan kedua segment pasar ini akan sama-sama menguntungkan jika anda bisa menyusun strategi secara tepat.

– Customer relationship
Untuk tetap bisa mempertahankan pelanggan maka antara penjual dan pelanggan harus memiliki kedekatan hingga pada akhirnya akan membuat pelanggan anda enggan untuk pindah pada perusahaan lain saat ingin melakukan transaksi.
Tersebut di atas adalah beberapa hal yang berkaitan dengan Bisnis Model Canvas atau BMC, semoga bermanfaat.

Contoh Makalah Format Bisnis Model Canvas BMC Kewirausahaan