Contoh CV Daftar Riwayat Hidup ~ Saat menulis lamaran pekerjaan salah satu lampiran yang sifatnya wajib harus disertakan adalah CV atau daftar riwayat hidup, karena dengan adanya lampiran tersebut perusahaan akan bisa menilai calon karyawannya dengan lebih objektif. Bagi seorang pelamar kerja menulis CV adalah bagian yang paling penting selain tentu saja menyusun surat lamaran kerja yang akan diajukan.

Bagi Anda yang mungkin masih pertama kali yang menyusun CV atau daftar riwayat hidup mungkin masih memerlukan panduan khusus untuk bisa menyusun poin-poin yang wajib disertakan pada lampiran tersebut, berikut ini adalah susunan daftar riwayat hidup yang baik dan benar dan bisa anda jadikan pedoman untuk membuat daftar riwayat hidup yang tepat.

Contoh CV Riwayat Hidup

– Identitas diri
Urutan yang paling atas atau pertama Anda bisa menuliskan identitas diri Anda dengan sebenar-benarnya, diantaranya adalah menuliskan nama, alamat sesuai dengan yang tercantum dalam kartu identitas anda. Hal ini tentu saja juga berpengaruh pada tanda tangan yang ada di KTP Anda yang sudah pasti harus disesuaikan dengan tanda tangan yang anda cantumkan pada surat lamaran pekerjaan. Akan lebih bagus lagi Jika anda juga mencantumkan alamat email, termasuk juga nomor handphone yang bisa dihubungi. Andapun bisa mencantumkan hobi atau kegemaran anda pada point pengenalan diri Anda.

– History pendidikan
Sebagai seorang pelamar kerja tentu saja berbekal ijazah yang menjadi bukti bahwa anda sudah menempuh pendidikan dan sebagai seorang akademisi. Yang dimaksud dalam point pendidikan ini tentu saja berkaitan dengan pendidikan formal maupun non-formal, karena pendidikan non-formal biasanya berkaitan dengan pelatihan skill yang akan meningkatkan keterampilan anda.

– Keahlian
Di poin ini anda bisa mencantumkan keahlian Anda terkait hal-hal tertentu misalnya saja penguasaan bahasa Inggris ataupun keterampilan lainnya akan lebih bagus jika keterampilan anda berkaitan dengan pekerjaan yang nantinya ingin anda isi pada perusahaan tersebut, tetapi perlu Anda ketahui bahwa dicantumkan terlalu banyak jenis keterampilan yang anda miliki juga kurang bagus karena terkesan kurang objektif, oleh sebab itu cantumkan keterampilan anda yang sesuai dengan calon pekerjaan yang akan anda tekuni.

– Pengalaman kerja
Poin ini juga sangat penting dan akan dijadikan sebagai pertimbangan yang kuat bagi perusahaan untuk menerima anda sebagai karyawan ataukah tidak, jika memang tempat anda sebelumnya bekerja sangat berkaitan dengan calon pekerjaan yang akan anda tekuni di perusahaan yang baru tersebut maka kemungkinan besar anda akan diterima sebagai staf atau karyawan, pada point ini biasanya Anda juga membutuhkan surat pengalaman kerja yang bisa anda minta dari tempat anda bekerja sebelumnya.

– Referensi
Memiliki referensi akan semakin menguatkan kesempatan anda untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut sehingga poinnya ini meskipun sifatnya opsional tetapi memiliki nilai yang sangat positif untuk pelamar kerja.

Tersebut diatas adalah susunan dalam membuat CV yang baik dan benar, Selamat mencoba dan semoga sukses.

Contoh Cara Penulisan CV Atau Daftar Riwayat Hidup Lengkap Dan Benar