Contoh Makalah Penelitian ~ Saat berada di bangku sekolah biasanya kita akan dihadapkan oleh suatu hal yang berkaitan dengan kegiatan tertentu dan pihak sekolah akan menugaskan kita untuk menyusun laporan mengenai penelitian terhadap kegiatan tersebut, agar nantinya pihak penyelenggara atau bisa juga dibilang pihak sekolah akan merasakan manfaat dari kegiatan tersebut melalui hasil penangkapan respon dari para pesertanya.

Menyusun makalah laporan sederhana memang membutuhkan ketelitian berikut ini adalah beberapa struktur untuk menyusun makalah laporan sederhana yang biasanya digunakan oleh beberapa akademisi.

Yang pertama adalah memaparkan pendahuluan. Dalam point ini biasanya masih terbagi dalam beberapa sub judul diantaranya adalah latar belakang, yang dimaksud pada latar belakang ini lebih kepada motivasi tentang diadakannya penelitian tersebut misalnya saja dalam hal pendidikan ataupun kebudayaan yang mungkin memiliki sisi positif dan juga sisi negatif.

Contoh Penulisan Makalah Penelitian

Pada point yang kedua akan dicantumkan rumusan masalah yang biasanya diisi dengan beberapa pertanyaan yang menyangkut jenis kegiatan yang sudah diselenggarakan.

Selanjutnya adalah tujuan penulisan, sehingga nantinya orang yang membaca makalah tersebut paham apakah manfaat dari membaca makalah ini. Tujuan penulisan ini harus disampaikan dengan objektif dan dengan kata-kata yang tidak terlalu berlebihan sehingga memiliki efisiensi yang maksimal.

Yang terakhir adalah manfaat dari penulisan, sebenarnya antara tujuan dan manfaat ini hampir sama tetapi keduanya dibedakan dalam poin yang berlainan agar nantinya lebih terarah.

Selanjutnya di BAB kedua akan diisi dengan topik pembahasan. Pada bab ini akan dipaparkan mengenai beberapa hal yang jauh lebih dalam lagi mengenai kegiatan yang sudah dilalui dan biasanya akan diisi oleh berbagai Informasi yang sifatnya mendetail terhadap kegiatan tersebut, bab kedua ini juga bisa dibilang yang paling panjang di antara BAB-BAB lain yang ada pada makalah laporan sederhana.

Bab ketiga diisi dengan penutupan, di bagian ini memang terasa lebih singkat karena anda hanya perlu menuliskan kesimpulan termasuk juga harapan untuk bisa mendapatkan saran maupun kritik dari pihak yang bersangkutan agar nantinya bisa lebih menyempurnakan makalah yang sudah Anda susun. Secara sederhana makalah Penelitian sederhana ini hanya terdiri dari 3 bab saja yaitu pendahuluan, pembahasan dan juga penutup. Tetapi karena berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya formal maka sudah pasti anda mengetahui tata cara menulis yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan kata-kata baku dan menghindari kata-kata yang disingkat karena hal tersebut akan sangat mengurangi tingkat profesionalisme anda dalam menyusun makalah.

Meskipun sifatnya bebas tetapi ada baiknya untuk Anda memilih jenis kata-kata yang tepat guna sehingga pembahasan tidak terlalu melebar kemana-mana, usahakan untuk meneliti makalah yang sedang anda buat tersebut hingga berkali-kali agar nantinya Anda bisa memastikan bahwa isi makalah ini tidak melenceng dari topik pembahasan utama.

Contoh Penulisan Makalah Penelitian Sederhana Dan Skripsi Yang Benar