Contoh resume buku ~ Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku maka seseorang akan mendapatkan tambahan wawasan yang lebih luas, tentu saja hal tersebut juga tergantung dari jenis buku yang dibacanya. Namun rata-rata semua buku yang dirilis dan diedarkan secara resmi di toko-toko buku akan sangat bermanfaat untuk semua orang.

Kadang kala buku memang memiliki halaman yang tidak sedikit dan bahkan jumlahnya bisa mencapai 300 atau 500 halaman, tentu saja hal tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menyelesaikan setiap lembar demi untuk mendapatkan pokok pikiran dari tulisan yang tercantum di dalam buku tersebut. Untuk meningkatkan kualitas pemahaman seseorang mengenai buku yang sudah dibacanya maka biasanya seseorang akan membuat resume buku, harapannya adalah pokok pikiran dari setiap bab yang dibahas pada buku tersebut bisa lebih mudah untuk diingat sewaktu-waktu.

Untuk bisa menyusun resume buku yang baik dan tepat maka ada beberapa hal yang harus dilalui, diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh Resume Buku Kritik Sastra

– Membaca buku secara tuntas
Pada point ini anda harus membaca buku yang asli dari pengarang yang asli pula, karena saat ini tidak sedikit buku bajakan yang mungkin saja isinya tidak sesuai dengan buku aslinya. Dengan membaca buku tersebut secara tuntas diharapkan anda bisa menemukan pokok pikiran serta sudut pandang dari pengarang.

– Mencatat gagasan utama
Gagasan utama dari sebuah bab biasanya bisa ditemukan dalam paragraf-paragraf tertentu dan hal ini hanya akan bisa anda peroleh ketika anda mencermati setiap paragraf yang tertulis pada buku tersebut.

Setelah anda melalui proses-proses tersebut maka selanjutnya Anda bisa mulai menyusun resume buku yang anda inginkan, berikut ini akan dibagikan tips menyusun resume buku yang baik dan tepat.

• Mencatat semua judul pada setiap bab yang ada di buku tersebut termasuk juga sub judul yang dicantumkan. Karena setiap judul akan memiliki pokok pikiran tersendiri termasuk juga subjudul, dengan menyimpulkan pokok pikirannya di setiap sudut maka anda akan lebih mudah untuk menyimpulkan pokok pikiran utama dari buku yang sudah anda baca.

• Untuk bisa mendapatkan efisiensi waktu anda bisa memperhatikan paragraf pertama dan paragraf terakhir dari setiap untaian kalimat yang tertulis di Lembar halaman buku yang anda baca, karena kalimat inti dari setiap paragraf disisipkan pada awal dan akhir paragraf tersebut.

• Tidak sedikit buku yang memberikan contoh-contoh tertentu, tujuannya adalah membuat pembaca lebih paham Anda bisa melewati untuk tidak membaca contoh yang dicantumkan pada buku tersebut jika anda sudah memahami inti dari maksud yang diharapkan oleh pengarang sehingga proses membaca buku bisa lebih cepat selesai.

• Menulis resume buku akan lebih baik jika disusun melalui kata-kata yang kita pahami tidak serta-merta harus menjiplak dari isi maupun kata-kata yang terdapat dari buku tersebut.

Struktur Penulisan Dan Contoh Resume Buku Ilmiah Dan Fiksi