Contoh Teks Anekdot ~ Seni dalam menyusun kata-kata menggunakan bahasa Indonesia tentu sangat banyak sekali salah satunya adalah teks anekdot, untaian kata-kata yang membentuk teks anekdot ini memang tujuannya adalah menghibur siapapun yang membacanya sehingga tidak sengaja orang yang membacanya akan tertawa.

Walaupun demikian teks anekdot sangat berbeda dengan cerita lucu karena sebenarnya teks anekdot ini juga memiliki pesan untuk perubahan bagi seseorang ataupun sebuah instansi karena tidak sedikit kata-kata sindiran yang juga akan tercantum pada teks anekdot ini.

Tidak sedikit orang yang menjadikan teks anekdot ini sebagai salah satu bacaan yang menghibur dan selalu dijadikan sebagai cara untuk bisa tertawa, dan mungkin salah satunya adalah anda. Namun Pernahkah anda berfikir untuk mencoba menulis teks anekdot buatan anda sendiri dan tidak hanya bisa anda nikmati sendiri tetapi juga bisa diamati oleh orang lain? Jika iya mungkin anda memerlukan panduan untuk bisa menulis teks anekdot dengan baik dan benar seperti tips berikut ini.

– Menentukan topik
Sebelum anda berpikir untuk memilih kata-kata yang akan anda gunakan maka alangkah lebih bagus jika anda menentukan topik terlebih dahulu tentang pembahasan yang ingin anda paparkan pada teks anekdot yang sedang Anda susun. Dengan penentuan topik yang jelas maka nantinya jenis kata-kata yang akan Anda pilih akan terasa lebih mudah untuk ditemukan.

– Referensi
Bagi Anda yang masih dalam tahap belajar dalam menyusun teks anekdot Tentu saja sangat membutuhkan bahan referensi untuk dijadikan sebagai penunjuk agar nantinya teks anekdot tersebut benar-benar tersusun dengan rapi dan sesuai dengan harapan anda. Bahan referensi ini bisa anda dapatkan melalui berbagai cara misalnya saja dengan membaca majalah, buku, koran, observasi atau bahkan bisa juga melalui bacaan yang bisa anda temukan dengan mudah di internet. Pada perkembangannya nanti jika anda sudah cukup mahir dalam menyusun teks anekdot maka anda bisa menjadikan imajinasi anda sendiri sebagai bahan referensi yang tentu saja jauh lebih unik dan berkarakter.

– Menentukan pesan yang ingin anda sampaikan
Pada point ini sebenarnya selaras dengan penentuan topik yang ingin anda usung, karena memang tujuan dibuatnya teks anekdot adalah untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu yang biasanya bersifat menyindir sehingga terasa tidak terlalu frontal. Yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai orang ataupun instansi yang anda sindir tersebut merasa tersinggung sehingga bisa menimbulkan permasalahan bagi anda ataupun orang lain.

– Sisipkan unsur kejenakaan
Point ini sangatlah penting dan juga merupakan poin utama saat menyusun teks anekdot karena anak teks anekdot namanya jika tidak memiliki unsur kejenakaan di dalamnya, oleh sebab itu gunakan lelucon yang berkelas sehingga teks anekdot karya anda tidak terkesan murahan.

Pengertian Dan Contoh Teks Anekdot Lucu Beserta Cara Penulisannya