Salah satu elemen taman yang sangat berpengaruh untuk membangun suasana natural adalah adanya kolam ikan hias, dengan adanya nuansa air tersebut akan membuat suasana di kolam menjadi terasa lebih asri dan menyenangkan. Tetapi sayangnya tidak semua orang benar-benar memahami bagaimana cara membuat kolam ikan hias yang baik dan benar, sebab tidak hanya dibutuhkan keindahan dari tampilan saja melainkan juga harus memperhatikan kesehatan dari ikan hias yang ada di dalam kolam tersebut. Pembuatan kolam ikan hias di area taman sebenarnya tidak harus menyediakan lahan yang terlalu luas karena Anda juga bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk membuat kolam ikan minimalis.

Peletakan posisi kolam ikan hias juga harus diperhatikan karena akan menyangkut nilai estetika dari tampilan taman tersebut termasuk juga daya tahan dari ikan hias yang ada di dalam kolam, sebab ada beberapa ikan yang memang kurang bagus jika selalu terkena sinar matahari secara langsung.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda perhatikan sebelum membangun kolam ikan hias sebagai elemen untuk mempercantik taman di rumah anda.

Lokasi kolam ikan hias
Posisi dari kolam ikan hias sangat menentukan keindahan dari suasana taman yang ada di rumah anda, jika memang space di halaman rumah Anda tidak terlalu lebar maka anda bisa meletakkan kolam ikan hias tersebut pada salah satu sudut area taman. Misalnya saja berdekatan dengan dinding pagar rumah minimalis 2 lantai.
Kolam ikan hias hendaknya diletakkan pada posisi yang teduh, sebab jika terus-menerus terkena sinar matahari langsung akan mempengaruhi keindahan dari kolam ikan hias, karena semakin sering terkena sinar matahari langsung air kolam akan lebih cepat berubah warna karena ditumbuhi dengan lumut dan alga.

Jenis hiasan yang digunakan
Agar terlihat semakin menarik anda bisa menambahkan beberapa aksesori atau hiasan khusus kolam ikan hias seperti bunga, batu-batuan alami dan juga gulma. Hal tersebut sah-sah saja untuk anda terapkan agar nantinya kolam ikan hias terlihat semakin terkesan natural sekaligus bisa dijadikan sebagai habitat baru dari ikan-ikan hias tersebut.

Jumlah ikan hias
Alangkah lebih baik jika anda memelihara ikan hias dalam jumlah yang terbatas agar nantinya kolam ikan tersebut tidak terlalu penuh sesak, disamping itu penyesuaian jumlah ikan terhadap luasnya area kolam ikan juga akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan ikan yang ada di dalamnya, semakin banyak jumlah ikan hias yang ada di dalam kolam maka akan semakin mudah kotor pula air yang ada di kolam tersebut.

Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan kolam ikan hias minimalis, semoga bisa dijadikan referensi.

Gambar Kolam Ikan Hias Terbaik