Jenis-jenis Izin Usaha ~ Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai mandiri dan melirik usaha perseorangan untuk dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Untuk mereka yang benar-benar serius dalam menjalani usahanya maka biasanya orang tersebut akan melakukan pengurusan izin usaha. Jika sebuah badan usaha sudah memiliki izin maka kedepannya legalitasnya lebih terjamin, termasuk juga akan mendapatkan fasilitas khusus jika suatu ketika terdapat program dari pemerintah baik pelatihan ataupun peminjaman modal.

Bagi anda yang mungkin ingin mengetahui lebih detail lagi mengenai seluk beluk izin usaha, berikut ini akan dipaparkan mengenai jenis-jenis izin usaha yang diterbitkan oleh pemerintah.

Contoh NPWP

• SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
Jenis izin usaha ini memang sering terdengar dan tentu saja sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha, SIUP itu sendiri masih diklasifikasikan lagi menjadi 3 bagian yaitu SIUP kelas besar, menengah dan kecil. Klasifikasi jenis SIUP ini berdasarkan pada jumlah modal yang dimiliki oleh calon pengusaha, untuk jenis SIUP kecil diperuntukkan bagi mereka para pengusaha yang menggunakan modal kurang dari Rp 200 juta, sementara itu untuk SIUP menengah bagi pengusaha yang memiliki modal di range Rp 200 juta hingga Rp 500 juta. Kemudian untuk SIUP kelas besar adalah untuk para pengusaha yang memiliki modal di atas Rp 500 juta.
Untuk pengurusan SIUP ini apapun jenisnya anda bisa mengurusnya pada kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kemudian anda akan diberikan pengarahan untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan misalnya saja foto kopi KTP dan juga akta notaris pendirian usaha.

• Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )
Tempat usaha akan dijalankan tentu sangat penting perannya, karena nantinya juga akan mempengaruhi keberlangsungan usaha anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki misalnya saja komplain dari warga sekitar yang akhirnya nanti justru akan membuat usaha anda terhambat.
Dengan memiliki SITU anda akan lebih tenang ketika melakukan usaha karena jika sewaktu-waktu ada komplain dari oknum yang sifatnya hanya ingin membuat gaduh maka anda akan bisa memiliki kekuatan untuk menolak hal tersebut.

Untuk bisa memiliki SITU tentu saja bukan hal yang mudah karena lokasi usaha anda harus benar-benar aman dan tidak mengganggu warga sekitar rumah anda, karena memang faktor lingkungan itu sangat penting untuk menunjang jalannya perusahaan anda agar lebih lancar.

Sebelum mengurus izin usaha, anda harus memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak karena NPWP adalah salah satu persyaratan yang akan selalu dibutuhkan dalam hal pengurusan apapun khususnya dalam hal usaha. Tersebut di atas adalah informasi yang berkaitan dengan beberapa jenis izin usaha, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Contoh Jenis – Jenis Izin Usaha Formal Dan Cara Pengurusannya